Beranda > 'AMALIYAH, BERITA, NASIHAT UTK KITA, TRIK MUSLIM SEJATI, undangan > SULITKAH MAAF DAN MEMAAFKAN??

SULITKAH MAAF DAN MEMAAFKAN??

Ada tigakata yang membuat orang lain senang. Tolong, terima kasih, dan maaf. Dari ketiga kata tersebut yang paling sulit diucapkan adalah kata: “maaf”. Mengapa?

“Maaf” dan “memaafkan” itu sama sulitnya, hal ini disebabkan karena: Pertama, banyak orang yang tidak pernah merasa bersalah, walaupun melakukan kesalahan. Koruptor contohnya, meski merugikan negara dan dihukum, wajah mereka tetap berseri-seri tidak ada penyesalan dan mereka merasa tidak bersalah. Mereka tidak punya rasa malu, jika ditampilkan di TV dan di koran, malah bangga seperti artis yang menjadi idola. Celakanya masyarakat justru memberikan dukungan (suporter) manakala koruptor di sidangkan.

Kedua, harga diri yang tinggi. Untuk mempertahankan harga diri, seseorang melakukan kebohongan. Orang lebih suka membangun tembok dari pada membangun jembatan. Kebohongan sama dengan bendungan sedikit saja rembesan dalam bendungan membuat bendungan jebol dan kebohongan dapat merembes kemana-mana. Pembohong selalu mencari dalih untuk menutupi kesalahan, sehingga sulit untuk meminta maaf.

Ketiga, ketidak mampuan manusia untuk mendengar suara hati. Hal ini membuat hidup manusia menjadi tidak bermakna. Manusia lupa bahwa hidup itu harus bermakna, baik bagi dirinya maupun orang lain. Kita lupa bahwa kata maaf dan memaafkan sama-sama punya fungsi melegakan hati, meringankan beban hidup dan meringankan langkah untuk mencapai tujuan utama hidup yaitu bahagia. Itulah yang dikatakan hidup bermakna.

Maaf dan memaafkan sama sulitnya, kita merasa nyaman dalam perasaan sakit hati, kita merasa enjoy dengan kedengkian dan balas dendam. Senyampang masih di bulan Syawal, marilah kita belajar untuk saling meminta maaf dan memberi maaf. Seperti dikatakan oleh Nelson Mandela: “Kita mungkin sulit melupakan, tetapi harus memaafkan” Semoga.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan tinggalkan komentar sahabat...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: