MUSLIM SEHAT-TIPS

Begitu mulia dan sempurna-nya Islam yang mengajarkan, mengatur kehidupan manusia dari bangun tidur hingga tidur lagi, demi kebahagiaan manusia hidup didunia sebagaimana yang dicontohkan oleh sang pembawa Islam Rasulullah saw.

Setelah membaca kitab as-syamailul Muhammadiyah ada beberapa tips hidup sehat yang dilakukan Rasulullah, yang kalau dikaji secara logika akal dan analisa kesehatan amat menyehatkan. Berikut ini adalah beberapa tips hidup sehat tersebut :

1. Khitan atau sunat, yaitu menghilangkan, memotong , merapikan kulit tipis yang menutupi kepala kemaluan pada laki-laki. Perintah khitan ini awal mulanya diperintahkan kepada nabi Ibrahim pada usia 40 tahun. Kalalu kita pelajari sejarah nabi Ibrahim sejak dia menikah dan tidak dikarunia anak setelah beliau khitan baru dia mempunyai anak. Dari sisi kebersihan dan kesehatan orang yang khitan tentulah lebih bersih dan sehat karena air kencing bisa keluar dan tidak ada endapan kotoran dikepala penis. Keuntungan lain adalah hubungan sex laki-laki khitan lebih memuaskan, ini dapat dilihat pada kebanyakan laki-laki dibarat, jepang walau bukan muslim namun mereka khitan demi kepuasan sex isterinya. Orang sini bilang “kalo makan pisang jangan makan kulitnya, kupas dulu kulitnya”.

2. Mencukur bulu kumis, mencukur bulu ketex/ketiak, mencukur bulu kemaluan. Dengan membersihkan ketiga tempat tersebut dari bulu-bulu rambut maka kebersihan tetap terjaga, selain itu ada keuntungan lain yang sangat bermanfa’at bagi manusia.

3. Memotong kuku setiap Jumat [seminggu sekali], adalah cara hidup yang sehat agar kotoran-kotoran tidak mengendap disela-sela kuku setelah jari-jari digunakan untuk memegang banyak hal, dan juga membuktikan memotong kuku perlambang bukan pemalas.

4. Bercelak Mata . Dengan bercelak mata memakai itsmid [batu celak] yang biasa berupa serbuk hitam, dengan mngoleskan disekitar mata. Celak mata dapat mencerahkan pandangan penglihatan dan memperindah/menumbuhkan bulu mata.

5. Makan dengan tiga bagian. Yaitu membagi isi perut dengan 3 bagian : makanan, air [minuman] dan udara. Makanlah kalau lapar dan berhentilah sebelum kenyang, tidak baik makan berlebihan seperti sendawa adalah tanda makan berlebihan sehingga udara keluar karena tidak kebagian tempat didalam perut.

6. Minum seteguk demi seteguk, yaitu minum dengan seteguk demi seteguk dalam wadah atau gelas sehingga tidak sampai minum sambil bernafas dalam wadah/gelas. Sudah kita ketahui bahwa udara yang keluar dari hidung kala bernafas merupakan gas beracun CO2 [Karbon dioksida] tentu saja kalau minum sambil bernafas otomatis menghirup kembali CO2 [Karbon dioksida].

7. Jangan kencing sambil berdiri dan basuhlah hingga bersih dengan air. Dengan posisi kencing tidak berdiri serta membasuh dengan air, maka kotoran air kencing bersih dan tidak meninggalkan bau.

8. Berbaring, tidur terlentang dengan posisi tubuh menopang pada tangan kanan/miring kekanan. Seperti diketahui posisi letak jantung manusia adalah disebelah kiri dada, dengan membiarkan letak jantung didada kiri bebas dari tekanan beban tubuh maka peredaran darah lancar.

9. Berbekam, yaitu mengeluarkan sedikit darah agar tidak beku. Biasanya bekam dilakukan dengan mengeluarkan darah beku dibagian punggung atas, dijaman modern seperti sekarang bekam sama halnya dengan donor darah yang tentu menghindari darah beku dalam tubuh.

10. Bersiwak, yaitu membersihkan gigi dari kotoran sisa makanan sebelum tidur dan bangun tidur, siwak sejenis kayu yang biasa digunakan membersihkan gigi pada masyarakat di kawasan Timur tengah. Dijaman sekarang bias juga diganti dengan pasta gigi [odol], namun berbagai sumber dengan bersiwak gigi lebih putih dan berkilau.

Itulah beberapa tips hidup sehat secara Islami yang saya kutib setelah membaca beberapa kitab-kitab Islam. Masih banyak perilaku, adab kehidupan sehari-hari yang tentu sangat bermanfa’at bagi umat manusia

Read more: http://raja-jempol.blogspot.com/2012/05/10-tips-sehat-ala-islam.html#ixzz28v6mKxBY

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Silahkan tinggalkan komentar sahabat...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: