Hal Penting Ketika Mengurus Visa

Hal Penting Ketika Mengurus Visa Umrah | HTK TOUR – Umroh Murah 2017-2018
Beberapa negara memberlakukan izin bagi pendatang maupun siapa pun yang ingin masuk ke negaranya. Selain paspor, kita mengenal visa, sebagai dokumen penting “pengganti” izin tersebut. Begitu pula dengan Tanah Suci. Baik melakukan ibadah haji atau justru umrah, visa amat diperlukan sebagai “izin” masuk ke Makkah.

Meski dianggap sulit, faktanya, pengajuan visa umroh tidak serepot yang dibayangkan. Hanya saja, persiapannya memang harus dilakukan secara matang, lantaran berkaitan dengan banyak hal. Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui mengenai visa umrah–izin yang diberlakukan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi bagi siapa pun yang ingin memasuki Makkah untuk keperluan ibadah umrah.
Perpanjangan Visa Umroh
Aplikasi Visa Umroh
Baca juga:

Inilah Prosedur Pengajuan Visa Umrah Online A la Backpacker
Mengenal Land Arrangement, Unsur Penting Umrah Backpacker

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Visa Umroh
Kapan Saat yang Tepat Mengajukan Visa Umroh?

Sebenarnya, umrah bisa dilakukan kapan saja. Namun, Kedutaan Besar Arab Saudi mulai membuka pendaftaran visa umrah, mulai dari bulan Rabiulawal hingga Ramadan. Beberapa pertimbangannya, yakni:

Mempersiapkan kedatangan jamaah haji, yang akan tiba di Tanah Suci di bulan Dzul Qa’sudah.
Faktor lain yang harus dipersiapkan dan dijamin oleh pemerintah Arab Saudi, meliputi kenyamanan, keamanan, dan keselamatan.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Harus diingat, proses pengajuan visa umroh tidak bisa dilakukan secara perorangan, melainkan oleh pengantara yang telah ditunjuk oleh Kedutaan Besar Arab Saudi. Anda bisa menghubungi travel agent atau biro perjalanan haji dan umrah yang sudah terdaftar di Kementerian Agama RI dan juga disetujui oleh Kementerian Haji Arab Saudi. Adapun beberapa syarat pengajuan visa umrah, di antaranya harus melengkapi dokumen-dokumen sebagai berikut:

Paspor asli dengan masa berlaku minimal tujuh bulan dari tanggal keberangkatan. Harus diingat, pastikan paspor yang dibuat terdiri dari tiga kata. Nah, jika Anda sudah memiliki paspor namun memiliki jumlah kata kurang dari tiga, ada baiknya melakukan penambahan nama paspor di kantor imigrasi setempat.
Kartu Keluarga (KK).
Bagi pasangan suami-istri, diharapkan untuk melampirkan buku nikah asli.
Bagi anak berusia di bawah 17 tahun dan anak perempuan–hingga batas usia 40 tahun, diwajibkan melampirkan akta kelahiran.

Surat mahram. Bagaimanapun, perempuan yang berusia kurang dari 45 tahun, wajib didampingi suami atau mahramnya. Bagi yang berangkat tanpa suami atau keluarga, wajib melengkapi dirinya dengan surat mahram. Sementara itu, bagi perempuan yang berusia di atas 45 tahun, tidak diwajibkan untuk didampingi suami/mahramnya dan cukup melampirkan KTP asli saja.
Pas foto terbaru. Berukuran 4×6 sebanyak enam lembar dan berlatar belakang putih.
Tiket pesawat PP Jakarta–Jeddah.
Buku kuning. Merupakan bukti bahwa Anda sudah divaksinasi meningitis. Adapun pelaksanaan vaksinasi bsia dilakukan di Dinas Kesehatan Kota atau Kantor Kesehatan Pelabuhan terdekat.
Bukti akomodasi dan transportasi (kontrak hotel/sewa bus di sana); data penanggung jawab; surat perjanjian kerja sama visa umrah; salinan legalitas biro perjalanan; salinan izin umrah; agenda perjalanan; dan persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh pengantara umrah. Adapun calon jemaah diwajibkan untuk mematuhi seluruh aturan dan syarat teknis yang sudah ditetapkan oleh Kemenag RI, Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA), dan pihak penyelenggara haji yang ditetapkan oleh KBSA.

*Catatan: dokumen harus sudah diterima selambat-lambatnya tiga minggu sebelum keberangkatan.
Visa Umroh Backpacker
Biaya Visa Umroh
Durasi Pembuatan dan Biaya Visa Umroh

Meski turut dipengaruhi banyak faktor, semisal peserta, pengantara, hingga KBSA–umumnya, lama waktu pengurusan visa, mulai dari pengajuan MOFA, pemberkasan aplikasi, hingga penerbitan visa adalah dua hingga tiga minggu. Karenanya, untuk mengantisipasi, Anda disarankan untuk melakukan pendaftaran minimal dua hingga empat minggu sebelum keberangkatan.

Sementara itu, biaya perizinan dan pengurusan visa umrah dikenakan tarif sebesar $75 hingga $150, bergantung pada musim. Adapun biaya tersebut berlaku sama untuk keberangkatan dari mana pun, dan harus dibayarkan setelah MOFA dikeluarkan.

Itulah tiga hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan visa umroh.
Bujet dan Biaya yang Dibutuhkan dalam Pengajuan Visa Umroh

Mengurus visa umrah sendiri memang gampang-gampang susah. Mudah, jika kita sudah memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan, sementara sulit: jika pihak travel agent kurang komunikatif. Adapun hal penting yang juga harus disiapkan adalah biaya visa umroh. Mengingat umrah sendiri adalah perjalanan yang tidak murah, berapa sih sesungguhnya rincian biaya yang kita butuhkan?
Dipengaruhi Banyak Faktor

Memiliki kisaran harga dari $80 hingga $300, biaya visa umroh sesungguhnya bisa bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti negara penyelenggara, agen perjalanan, hingga waktu keberangkatan. Dimulai dari harga $80, biaya ini bisa mengalami kenaikan, lho. Ketika akan memasuki bulan Ramadan, misalnya. Pada masa itu, harga visa bisa naik hingga $300!
paket umroh murah april surabaya
Visa Umroh dan Haji

Adapun pembayaran biaya visa ini harus tetap dibayarkan setelah MOFA dikeluarkan–tidak peduli jika pada akhirnya MOFA ini tidak jadi digunakan. Sebagai catatan, visa umrah ini hanya bisa digunakan di tiga kota, yakni Makkah, Madinah, dan Jeddah.
Umrah Hemat? Bisakah?

Selain memilih travel agent sekaligus memperhitungkan tanggal pengajuan dan keberangkatan dengan tepat, berikut adalah beberapa tips untuk pergi umrah dengan bujet hemat.

Waktu keberangkatan — Bagi Anda yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji/umrah, bulan-bulan sesudah musim haji (setelah Agustus) tentu akan lebih nyaman lantaran tidak ramai. Apalagi, pada bulan-bulan tersebut, harga tidaklah semahal bulan Juli hingga Agustus. Nah, dengan begini, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk transportasi maupun hotel, bukan?
Tiket pesawat — Hindari membeli tiket pesawat dengan memesan langsung ke airline via internet. Adapun Anda disarankan agar benar-benar memilih hari keberangkatan. Serupa dengan musim liburan, harus diingat umrah pun memiliki high dan low season-nya sendiri.

Low season, biasanya terjadi di bulan Februari hingga Maret. Sementara itu, high season berlangsung di bulan Mei hingga Agustus. Adapun sebelum membeli tiket, jangan lupa untuk membekali diri dengan informasi yang Anda butuhkan, misalnya perihal maskapai penerbangan, travel agent yang digunakan, jam mendarat, dan masih banyak lagi.

Hotel dan penginapan — Entah di sekitar Masjidil Haram atau justru Masjid Nabawi, setiap hotel dan penginapan memiliki plus-minusnya tersendiri. Jika ingin yang dekat, tentu saja Anda akan dibebankan harga yang mahal. Nah, sebagai solusi, Anda bisa mencari apartemen atau losmen yang disewakan per kamarnya. Selain itu, perhitungkan pula soal jarak dan waktu umrah Anda–sebab biasanya harga akan meningkat hingga tiga hingga empat kali lipat pada saat bulan Ramadan dan musim haji.
Transportasi — Jangan ragu menawar transportasi saat berada di Jeddah, Makkah, dan Madinah. Nah, ketimbang naik taksi yang lumayan mahal, Anda bisa menyewa mobil selama di sana. Adapun biaya sewa mobil rata-rata adalah dua ribu rial per mobil, dengan batas maksimal penumpang, sepuluh orang.
Biaya Makan — Memang, untuk biaya makan, harganya relatif bergantung pada kebiasaan masing-masing orang. Nah, agar semakin praktis, Anda bisa memanfaatkan katering yang banyak tersedia, lho. Biayanya sendiri bervariasi, dengan rata-rata 35 rial per hari. Ingin semakin murah? Yuk, masak sendiri!

Biaya visa umroh dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti negara penyelenggara, agen perjalanan, hingga waktu keberangkatan

Baca juga:

Ingin berangkat Umroh Backpacker di Januari 2017? Klik di sini!
Alasan Utama Kenapa Anda Harus Memilih Umroh Backpacker

paket umroh backpacker
Umroh Hemat Murah

Perjalanan umrah/haji memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menghemat, ya! Sedari awal, tentukan waktu keberangkatan Anda, demi mendapatkan biaya visa umroh sekaligus menekan bujet yang ramah di kantong.
Masa Berlaku Visa Umroh dan Berbagai “Pantangannya”

Harus diingat, tidak seluruh travel agent berbasis umrah di Indonesia bisa mengajukan visa. Bukan hanya harus menjalin kerja sama, setiap travel agent juga harus bisa memastikan, setiap calon jemaah dapat mematuhi seluruh peraturan yang diberlakukan. Apalagi, perihal masa berlaku visa umroh. Bagaimanapun, biro perjalanan harus bertanggung jawab, jika sewaktu-waktu ada jemaahnya yang “kabur” dan menetap sebagai warga negara ilegal.

Secara umum, Anda bisa mengajukan visa umrah minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Nantinya, permohonan itu akan dicetak, lalu diantarkan ke Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA), bersamaan dengan paspor dan sejumlah dokumen lainnya. Nah, jika permohonan itu disetujui, pihak KBSA akan menerbitkan visa sebagai tanda bahwa Anda sudah diberikan hak untuk “masuk” ke Arab Saudi.
Harus “Pas”

Pengajuan visa umroh sendiri haruslah “pas”. Ini artinya, tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lambat. Apalagi, mengingat masa berlaku visa umroh yang hanya mencapai 30 hari. Jika terlalu cepat diajukan, tentu visanya bisa segera kedaluwarsa.

Ada kalanya, visa yang Anda ajukan gagal atau justru ditunda. Hal ini tentu wajar, mengingat antrean permohonan visa di KBSA tidaklah sedikit. Beberapa artikel mengungkap, jika dipukul rata, jemaah Indonesia yang umrah bisa mencapai dua ribu hingga lima ribu per harinya. Di sisi lain, faktor penghambat tidak melulu soal antrean. Bisa jadi, kesalahan terletak pada Anda, misalnya dengan dokumen yang tidak lengkap, salah tulis nama, atau salah menempatkan foto. Kendati terkesan sepele, hal ini tentu bukanlah persoalan enteng, sebab pihak imigrasi dapat menolak keberangkatan Anda.
Travel Umroh Jakarta yang Bagus
Jemaah Haji dan Umroh Indonesia

Memang, kesalahan-kesalahan yang terjadi tentu bisa diperbaiki. Namun, apakah waktunya cukup? Inilah sebabnya, pengajuan visa umrah sebaiknya disesuaikan setepat mungkin. Sebagai tolok ukur, Anda bisa mempersiapkan waktu minimal 15 hari atau dua minggu, sebelum melakukan daftar ulang visa ke KBSA.

Adapun skema pengajuan hingga penerbitan visa dapat dilihat dalam penjabaran berikut.

Travel agent mengirimkan manifes jemaah yang melakukan permohonan visa; disertai dengan kontrak hotel di Saudi Arabia.
MOFA diterbitkan dalam hitungan enam jam hingga tiga hari. Harus diingat, masa berlaku MOFA hanya dua minggu setelah diterbitkan. Nah, jika tidak digunakan, MOFA akan segera hangus, sementara uang yang sudah Anda bayarkan tidak dapat dikembalikan.
MOFA, Paspor, dan tiket asli akan diserahkan ke KBSA untuk proses penempelan visa. Secara umum, tahap ini memakan waktu satu hari.
Visa terbit dan tertempel di paspor.
Visa tertempel di Paspor, dengan masa berlaku 30 hari–terhitung sejak distempel.

“Pantangan” Penggunaan Visa

Harus dipahami, visa umroh hanya dapat digunakan untuk umrah. Ini artinya, tidak boleh digunakan untuk aktivitas lain, sekalipun untuk beribadah haji. Adapun baik jemaah maupun provider, akan dikenakan sanksi berat jika melanggar.

Visa umrah tidak dapat digunakan untuk bekerja. Ada tiga rentang waktu yang ditetapkan oleh pemerintah Saudi Arabia, seperti halnya sepuluh hari, 20 hari, dan 30 hari. Setelah melewati batas yang ditentukan, jemaah harus pulang ke negara asalnya. Mereka yang melanggar akan mendapatkan sanksi tegas berupa deportasi secara paksa.
Masa berlaku visa umroh terbagi menjadi dua kategori, yakni periode kedaluwarsa visa dan periode tinggal. Periode kedaluwarsa visa berkisar antara 15 hingga 30 hari, sementara rentang periode tinggal berlaku antara satu hingga 30 hari.

Semoga beberapa hal terkait masa berlaku visa umroh dan berbagai “pantangannya” bisa Anda jadikan informasi tambahan demi keberangkatan umrah yang lebih baik dan lancar.
Pertanyaan Umum Seputar Pengurusan Visa Umroh dan Jawabannya

Terlalu cepat atau terlambat adalah dua problematika paling umum terkait visa. Sebuah surat atau tanda diizinkannya seseorang masuk di negara tertentu dan dikeluarkan oleh kedutaan besar negara tersebut. Misalnya visa haji atau umrah yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.

Tanpa visa perjalanan ke Tanah Suci Makkah bisa terhambat atau batal. Untuk itu, kamu yang hendak melakukan perjalanan ini sebaiknya mengetahui sejumlah informasi penting terkait visa haji atau umrah. Termasuk cara bikin visa umroh yang tepat. Beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan seputar pengurusan visa umroh di antaranya adalah:
Kapan Waktu yang Tepat Mengurus Visa?

Minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Ini berkaitan dengan proses mengurus visa dan masa berlaku visa saat keluar nantinya. Sebulan sebelum berangkat kita bisa mengajukan permohonan visa di agen penyedia. Lalu permohonan di-print dan di antar ke Kedutaan Besar Arab Saudi bersama paspor, serta persyaratan lain.

Bila disetujui, maka visa akan keluar. Proses pengurusan ini umumnya memakan waktu lebih dari seminggu. Sedangkan masa berlaku visa umrah hanyalah 30 hari. Rentang waktu yang singkat inilah yang harus diperhatikan, agar tak terlalu cepat atau terlambat mengurusnya.
Ka bah Pusat Bumi
Persiapan Umroh
Apa Persyaratan Mengurus Visa?

Agar mendapatkan izin dan disetujui oleh kedutaan, ada sejumlah dokumen persyaratan yang harus dilengkapi. Yakni:

Paspor dengan nama terdiri dari tiga suku kata,
Kartu Tanda Penduduk (KTP),
Kartu Keluarga (KK),
Buku nikah atau surat keterangan mahram lainnya,
Foto terbaru 4 x 6 (6 lembar) dengan background putih.

Lengkapi semua persyaratan mengurus visa yang telah ditetapkan, agar izin masuk ke Arab Saudi segera keluar. Banyak kasus permohonan visa ditolak karena faktor kelengkapan dokumen persyaratan.
Bagaimana Mengurus Visa yang Bermasalah?

Cara menyelesaikan permasalahan visa tergantung pada sumber masalahnya. Beberapa kasus yang sering terjadi seperti:

Visa sudah diurus sesuai prosedur dan tata cara bikin visa umrah, tapi tak kunjung keluar. Bila ini terjadi coba cek antrean permohonan visa di Kedubes Arab Saudi. Bila antrean panjang, wajar visa akan keluar lama. Jika tidak, segera tanyakan kenapa permohonan terhambat.
Visa keluar tepat waktu, tapi salah atau rusak. Contohnya salah tulis nama atau salah peletakan foto. Segera urus kembali perbaikan visa. Namun, perhatikan juga apakah jamaah masih punya cukup banyak waktu untuk melakukan perbaikan dan berangkat sesuai jadwal. Jika waktu sangat pendek, terpaksa harus menunda keberangkatan sekitar sekitar satu hingga dua minggu.

Bagaimana Memilih Agen Travel Terpercaya Untuk Membantu Pengurusan Visa?

Semua permasalahan dan solusi dari visa tergantung pada profesionalitas agen travel haji dan umrah. Untuk itu, berhati-hatilah memilih agen. Jangan mudah tergiur dengan tawaran keberangkatan haji atau umrah yang cepat. Banyak kasus dimana keberangkatan haji atau umrah terkendala karena kurang profesionalnya agen mengurus persiapan jamaah.
Baca juga:

Cara Menghitung Sendiri Biaya Umroh Paling Murah yang Kamu Inginkan
Paket Umroh Backpacker Ramadhan yang Harus Anda Coba

umroh backpacker menara wisata
Travel Umroh Terpercaya

Penting melakukan pengecekan dan mengetahui kredibilitas sebuah agen travel haji atau umrah. Ini untuk mengantisipasi hal buruk seperti perjalanan yang terhambat, visa bermasalah, hingga bentuk penipuan lainnya. Agen travel yang baik, kredibel, dan profesional, tentu memahami kebutuhan jamaah haji. Memberikan jaminan, kenyamanan, dan kemudahan untuk bisa menunaikan kewajiban beribadah ke Tanah Suci. Bila muncul hambatan pada tata cara bikin visa umroh, mereka akan segera mencari solusi terbaik.

 

Tag : Permasalahan Saat Mengurus Visa | Pengurusan Visa | Cara Mengurus Visa Umroh | Cara Mendapatkan Visa Umroh | Cara Mengurus Visa Umroh Perorangan | Visa Umroh Online | Cara Mendapatkan Visa Kunjungn Ke Arab saudi

 

Iklan

Silahkan tinggalkan komentar sahabat...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s